Visi dan Misi Universitas Taman Siswa Padang

1. Visi Program Studi Manajemen Retail 

“Menjadi pusat pengembangan ilmu manajemen Retail yang menghasilkan entrepreneur dan pengelola bisnis Retail bereputasi nasional yang berkarakter ketamansiswaan Tahun 2029”.

2. Misi Program Studi Manajemen Retail 

a. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan bimbingan untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Manajemen Retail.

b. Melaksanakan penelitian dan pengembangan keilmuan Manajemen Retail.

c. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang ilmu Manajemen Retail yang bermanfaat bagi masyarakat dan stakeholder.

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat maupun di dunia kerja.  Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dituju. Profil lulusan Program Studi Manajemen Ritel Fakultas Ekonomi Universitas Tamansiswa Padang akan dijelaskan sebagaimana berikut:

1. Manajer Perusahaan Ritel

Profil 1 merupakan lulusan manajemen Ritel yang ahli dalam mengaplikasikan bidang ilmu strategi Ritel dan manajemen pemasaran Ritel untuk memimpin perusahaan Ritel agar mempunyai performa terbaik. Lulusan dapat menerapkan ilmu dan pengalamannya saat proses pembelajaran pada perusahaan aktual, dengan memberikan keputusan-keputusan strategis dalam mengembangkan perusahaan Ritel.

2. Supervisor Perusahaan Ritel

Profil 2 merupakan lulusan yang mempunyai kompetensi memimpin tim kerja pada bagiannya masing-masing. Supervisor yang berasal dari seorang lulusan manajemen Ritel akan lebih memahami bagaimana cara mengarahkan tim kerja untuk mencapai target dan kinerja baik dengan efektif. Lulusan manajemen Ritel ini juga sangat berpeluang untuk dapat berkarir di perusahaan Ritel, dengan latar belakang pendidikannya akan besar kemungkinan dapat meraih posisi top manager.

3. Analis Ritel

Profil 3 merupakan lulusan manajemen Ritel yang mempunyai sebagai analis Ritel untuk memproyeksikan bagaimana peluang, ancaman, kekuatan maupun kelemahan dari perusahaan Ritel. Dengan berbagai proyeksi yang di buat, maka seorang analis Ritel akan dapat memperkirakan keberhasilan dari suatu perusahaan. Lulusan manajemen Ritel ini sangat besar perannya bagi perusahaan Ritel yaitu merancang keputusan-keputusan strategis baik itu dengan metode analisis SWOT, analisis STP, analisis  ataupun dengan metode proyeksi lainnya.

4. Konsultan Ritel

Profil 4 merupakan lulusan yang mengisi posisi sebagai konsultan Ritel yang mempunyai peran memberikan berbagai solusi terkait permasalahan-permasalahan Ritel. Selain itu lulusan manajemen Ritel akan dapat membimbing suatu perusahaan agar dapat lebih berkembang, baik itu aset maupun laba. Pengaplikasian ilmu strategi pasar Ritel akan memberikan arahan kepada perusahaan untuk dapat mengoptimalkan strategi diferensiasi, sehingga akan terbentuk keunggulan bersaing.  

5. Asisten Peneliti

Profil 5 merupakan lulusan manajemen Ritel yang mengisi posisi sebagai asisten peneliti. Dimana lulusan manajemen Ritel dapat melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan ilmu manajemen Ritel.

6. Entrepreneur Ritel

Profil 6 merupakan lulusan manajemen Ritel yang mempunyai kompetensi membuka bisnis Ritel moderen yang berdaya saing tinggi. Bagi lulusan yang memilih mendirikan perusahaan Ritel sendiri maka mereka akan lebih leluasa menerapkan ilmu manajemen Ritel sehingga perusahaan mereka memiliki daya saing. Penerapan metode bauran komunikasi pemasaran Ritel akan memberikan kekuatan bisnis Ritel untuk lebih dikenal oleh konsumen, selain itu penerapan strategi lokasi, strategi layout maupun merchandise plan membuat konsumen merasa tertarik berbelanja.